Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Sumatera Utara menjalin kerja sama dengan Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia). Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan Ketua IPI Sumut, Achmad Deni, SE, MSI dengan Rektor USM- Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba, MKes. MoU dirangkaian dengan Wisuda USM-Indonesia, 1 November 2017 di Aula MICC, Jalan Gagak Hitam/Ring Road Medan.

Dari IPI Sumut hadir Sekretaris IPI Sumut, Muhammad Arifin, MPd dan anggota Ishak, SE, MHum. Sedangkan dari USM-Indonesia hadir Ketua Yayasan Sari Mutiara, Parlindungan Purba, Kepala Prodi Ilmu Perpustakaan USM Indonesia Dr.Irawaty A.Kahar, M.Pd, Wakil Rektor IV Rinawati Sembiring, M.Kes.

Hadir pada wisuda Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumut, Dr Bahdin Nur Tanjung, SE, MM, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I Sumut, Dr Mahriyuni, MHum.

Ketua IPI Sumut, Achmad Deni menyambut baik MoU antara IPI Sumut dengan USM-Indonesia. Sebelumnya IPI Sumut juga menjalin MoU dengan Universitas Pendidikan Masyarakat Indonesia (UPMI) dan MoA dengan Prodi Ilmu Perpustakaan (S1) dan D3 USU.

IPI Sumut dan USM-Indonesia khususnya Prodi Ilmu Perpustakaan akan melaksanakan MoU di antaranya mengadakan pengabdian kepada masyarakat. IPI Sumut saat ini telah terjun  ke sekolah-sekolah melaksanakan workshop tentang perpustakaan karena banyak pustakawan sekolah yang sama sekali belum tersentuh ilmu perpustakaan. “Ke depan kita akan sama-sama mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan terjun melatih pustakawan sekolah,” ucapnya.

Achmad Deni mengatakan, sebagai Ketua IPI Sumut, dirinya sudah meminta kepada Kepala Dinas Perpustakaan Provsu agar menyampaikan surat kepada Gubsu dan sejumlah pimpinan perusahaan swasta ketika menerima pegawai harus membuka lowongan untuk pustakawan. “Kita sudah surati Kepala Dinas Perpustakaan, Pak Ferlin H Nainggolan untuk disampaikan kepada Gubsu agar ketika menerima CPNS formasi untuk ilmu perpustakaan juga dibuka,”ucapnya disambut aplaus hadirin.

IPI Sumut berupaya meningkatkan kualitas akademik pengurusnya yang juga tersebar di sejumlah perguruan tinggi khususnya di USM-Indonesia. Nantinya para pengurus akan difasilitasi mengikuti IFLA Word Library and Information Congress di Kuala Lumpur pada Agustus 2018 mendatang dan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) di Mataram.

Rektor USM-Indonesia Ivan Elisabeth Purba mengatakan, USM-Indonesia memiliki 5 fakultas, dengan 20 program studi. Salah satu program studi yang baru yakni Prodi Ilmu Perpustakaan(S1). Munculnya Prodi Ilmu Perpustakaan karena ke depan perpustakaan sangat dibutuhkan masyarakat, maka untuk mengenalkan dan mengembangkannya perlu kerja ekstra bahwa USM-Indonesia memiliki prodi Ilmu Perpustakaan. “Melalui kerja sama yang dibangun dengan (IPI) Sumatera Utara ke depan berjalan dengan baik khususnya di bidang tri dharma perguruan tinggi, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua IPI Sumut, Achmad Deni, SE, MSI dan Rektor USM-Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba melakukan penandatangan MoU disaksikan Ketua Yayasan Sari Mutiara Parlindungan Purba, Kepala Prodi Ilmu Perpustakaan USM Indonesia Dr.Irawaty A.Kahar, M.Pd, Wakil Rektor IV Rinawati Sembiring, M.Kes pada acara wisuda di Aula MICC Medan, Rabu, 1 November 2017.